PEMBEBANAN BANTALAN POROS RODA LORI MENGGUNAKAN BEARING 2311 LORI TAJUK TEBU PTPN XI – PG KEDAWOENG


RINGKASAN

PEMBEBANAN BANTALAN POROS RODA LORI MENGGUNAKAN BEARING 2311 LORI TAJUK TEBUPTPN XI – PG KEDAWOENG, Moch. Lutfi Ari Bachtiar, September 2017, 32 halaman, program studi Mesin Otomotif Politeknik Negeri Jember, Andik Irawan, ST., M.Eng (pembimbing).

Praktek kerja lapang (PKL) yang dilakukan oleh mahasiswa Mesin Otomotif Politeknik Negeri Jember ini diharapkan dapat menambah wawasan dan pembelajaran baru pada tiap tiap peserta praktek kerja industri serta diharapkan dapat bekerja sama antar mahasiswa dengan pekerja diperusahaan. Praktek kerja lapang ini dilaksanakan selama tiga bulan di PG. Kedawoeng yang bertempat lokasi di Jl. Raya Banyubiru KM. 1, Kedawung kulon, Grati, Pasuruan, Jawa Timur.
PG. Kedawoeng adalah Pabrik gula yang berlokasi di kota Pasuruan adalah pabrik yang di bangun pada jaman Belanda dan merupakan perusahaan penghasil gula. PG. Kedawoeng yang berlokasi di Desa Kedawoeng Kulon, Grati, Kabupaten Pasuruan, Jawa Timur didirikan pada tanggal 6 November 1889 dengan nama NV.Kedawoeng yang peletakan batu pertamanya dilakukan oleh Mevron De Lebret. Saat itu terdapat dua pabrik yang lokasinya berdekatan yaitu Pabrik Gula Kawisrejo. Pada saat itu PG Kedawoeng sedang melakukan perluasan kebunnya kearah barat yang ternyata melewati daerah PG Kawisrejo yang pada saat itu mengalami kegagalan. Dengan beberapa pertimbangan maka PG Kawisrejo dibeli oleh PG Kedawoeng sekalian dengan areal kebunnya, sehingga pada tahun 1934 resmilah penggabungan kedua pabrik tersebut dengan statusnya menjadi NV. Culture Hatchappu dengan nama PG Kedawoeng.
Tahun 1961-1964 namanya dirubah menjadi Perusahaan Perkebunan Negara Kesatuan Jawa Timur III PG Kedawoeng. Pada bulan juli 1964 sampai dengan Juni 1968 statusnya diubah menjadi Perusahaan Perkebunan Gula Negara / PN Karung Goni Inspeksi Daerah VII. Pada bulan Juli 1968-1975 statusnya menjadi PTP XXIV-XXV PG Kedawoeng. Tahun 1975 berubah lagi menjadi PTP XXIV-XXV (PERSERO) PG Kedawoeng. Tanggal 14 Februari 1996 sesuai dengan Peraturan Pemerintah PTP XXIV-XXV PG Kedawoeng diubah lagi menjadi PT Perkebunan Nusantara XI (Persero) PG Kedawoeng dengan Kantor Direksi di Jalan Merak No. 1 Surabaya.
Pada tahun 2011, PG Kedawoeng merencanakan menggiling tebu sebanyak 285.416,9 ton (tebu sendiri 26.287,2 ton dan tebu rakyat 259,129,7 ton) yang diperoleh dari areal seluas 3.891,8 ha (TS 340,0 ha dan TR 3.551,8 ha). Gula dihasilkan diproyeksikan mencapai 20.024,0 ton (milik PG 8.017,3 ton dan milik petani 12.006,7 ton) dan tetes 12.843,8 ton.
Dalam upaya peningkatan produktivitas, PG Kedawoeng  antara lain melakukan optimalisasi masa tanaman, penataan varietas menuju komposisi ideal (proporsi antara masak awal, tengah dan akhir berbanding 30-40-30%), penyediaan agroinputs secara tepat, intensifikasi budidaya, dan perbaikan manajemen tebang angkut. Sedangkan untuk percepatan alih teknologi, PG Soedhono  aktif menyelenggarakan kebun percobaan.  Melalui kebun semacam ini, petani diharapkan dapat belajar lebih banyak tentang pengelolaan kebun melalui best agricultural practices.


LOADING LIST...

LOADING LIST...

Detail Information

Bagian Informasi
Pernyataan Tanggungjawab MOCH. LUTFI ARI BACHTIAR
Pengarang Moch. Lutfi Ari Bachtiar - Personal Name (Pengarang)
Edisi Publish
No. Panggil
Subyek MESIN OTOMOTIF
Klasifikasi
Judul Seri
GMD Text
Bahasa English
Penerbit PROGRAM STUDI MESIN OTOMOTIF
Tahun Terbit 2017
Tempat Terbit JURUSAN TEKNIK
Deskripsi Fisik 20cm
Info Detil Spesifik

  Tags :
MESIN OTOMOTIF

Citation

Moch. Lutfi Ari Bachtiar. (2017).PEMBEBANAN BANTALAN POROS RODA LORI MENGGUNAKAN BEARING 2311 LORI TAJUK TEBU PTPN XI – PG KEDAWOENG(Publish).JURUSAN TEKNIK:PROGRAM STUDI MESIN OTOMOTIF

Moch. Lutfi Ari Bachtiar.PEMBEBANAN BANTALAN POROS RODA LORI MENGGUNAKAN BEARING 2311 LORI TAJUK TEBU PTPN XI – PG KEDAWOENG(Publish).JURUSAN TEKNIK:PROGRAM STUDI MESIN OTOMOTIF,2017.Text

Moch. Lutfi Ari Bachtiar.PEMBEBANAN BANTALAN POROS RODA LORI MENGGUNAKAN BEARING 2311 LORI TAJUK TEBU PTPN XI – PG KEDAWOENG(Publish).JURUSAN TEKNIK:PROGRAM STUDI MESIN OTOMOTIF,2017.Text

Moch. Lutfi Ari Bachtiar.PEMBEBANAN BANTALAN POROS RODA LORI MENGGUNAKAN BEARING 2311 LORI TAJUK TEBU PTPN XI – PG KEDAWOENG(Publish).JURUSAN TEKNIK:PROGRAM STUDI MESIN OTOMOTIF,2017.Text

 



Media Sosial / Kanal

Facebook E-Library POLIJE Official
Youtube E-Library POLIJE Official
Instagram E-Library POLIJE Official

Address

UPT.Perpustakaan Politeknik Negeri Jember
JL. Mastrip PO BOX 164
E: perpustakaan@polije.ac.id