PENYIANGAN GULMA SECARA KIMIAWI ( Chemical Weeding ) DI KEBUN KALISAT JAMPIT PT. PERKEBUNAN NUSANTARA XII BONDOWOSO


RINGKASAN
PenyianganGulmaSecaraKimiawi (Chemical weeding) Di AFD.SempolPT. Perkebunan Nusanatara XII Kebun Kalisat - Jampit Bondowoso, YesiHairatunNisak, Nim A32150792, Tahun 2018, … halm, Produksi Pertanian, Politeknik Negeri Jember, Ir Usken Fisdiana (DosenPembimbing)
Praktek Kerja Lapang (PKL) yang dilaksanakan di PT. PERKEBUNAN NUSANTARA XII Kebun Kalisat Jampit bondowoso yang merupakan salah satu perusahaan perkebunan kopi arabika. PKL dilaksanakan mulai tanggal 06 Maret sampai dengan 22Mei 2018.
Tujuan dilaksanakan kegiatan Praktek Kerja Lapang (PKL) mahasiswa diharapkan dapat mengerjakan pekerjaan lapangan , dan sekaligus melakukan rangkaian keterampilan yang sesuai dengan bidang ahlinya mengikuti perkembangan ipteks. Menambah kesempatan bagi mahasiswa memantapkan keterampilan dan pengetahuannya untuk menambah kepercayaan dan kematangan dirinya. Melatih mahasiswa berfikir kritis dan menggunakan daya nalarnya dengan cara memberikan komentar logis terhadap kegiatan yang dikerjakan dalam bentuk laporan kegiatan yang sudah dibakukan. Meningkatkan pemahaman mahasiswa terhadap sikap tenaga kerja di dalam melaksanakan dan mengembangkan teknik - teknik tertentu serta alasan - alasan rasional dalam menerapkan teknik - teknik tersebut. Dan juga dapat melaksanakan bakuteknisbudidaya tanaman Kopi dengan baik, dapat mengetahui dan memahami teknik manajemen pemeliharaan di PT. PERKEBUNAN NUSANTARA XII Kebun Kalisat-Jampit Bondowoso.
Pelaksanakan kegiatan ini dilakukan dengan mengikuti seluruh rangkaian kegiatan pembibitan, pemeliharaan dan panen yang ada di perkebunan dari awal sampai akhir sehingga mahasiswa mendapatkan ilmu teknik budidaya dan pengalaman kerja, dan pengetahuan secara langsung di perusahaan tersebut.Penulis juga melaksanakan metode wawancara, metode demontrasi, metode studi pustaka serta metode kerja dilapang untuk melengkapi laporan Praktek Kerja Lapang (PKL). Penulis Juga bersosialisasi langsung dengan pekerja dan pengelola kebun khususnya di afdeling sempol sehingga dapat mempelajari dan memahami etika dan budaya di perusahaan perkebunan PT. PERKEBUNAN NUSANTARA XII Kebun Kalisat-Jampit Bondowoso.
Hasil kegiatan Praktek Kerja Lapang di PT. PERKEBUNAN NUSANTARA XII Kebun Kalisat-jampit penulis memperoleh pengalaman mulai dari pembibitan kopi, penyulaman tanaman kopi, pemeliharaan tanaman kopi maupun naungan, pemberantasan gulma tanaman kopi, pemupukan tananaman kopi, taksasi tanaman kopi serta ikut serta dalam kegiatan panen dan pasca panen. Penulis juga bersosialisasi langsung dengan pekerja dan pengelola kebun khususnya di afdeling sempol sehingga dapat mempelajari dan memahami etika dan budaya di perusahaan perkebunan PT. PERKEBUNAN NUSANTARA XII Kebun Kalisat-Jampit Bondowoso.
Kesimpulan yang didapatdarikegiatanPraktekKerjaLapang (PKL) adalahmahasiswa sudahdapatberfikir kritis dan menggunakan daya nalarnya dengan cara memberikan komentar logis terhadap kegiatan yang dikerjakan di kebun.Serta mahasiswa dapat melaksanakan teknik budidaya tanaman kopi arabika dari awal sampai akhir proses pelaksanaannya,terutamakegiatanpemupukantanamanmengahsilkan kopi (TM) danpascapanen kopi arabikadi PT. Nusantara XII Afdeling Sempol Bondowoso.


LOADING LIST...

LOADING LIST...

Detail Information

Bagian Informasi
Pernyataan Tanggungjawab Yesi Hairatun Nisak
Pengarang Yesi Hairatun Nisak - Personal Name (Pengarang)
Edisi Publish
No. Panggil
Subyek PRODUKSI TANAMAN PERKEBUNAN
Klasifikasi
Judul Seri
GMD Text
Bahasa English
Penerbit PROGRAM STUDI PRODUKSI TANAMAN PERKEBUNAN
Tahun Terbit 2018
Tempat Terbit JURUSAN PRODUKSI PERTANIAN
Deskripsi Fisik 20cm
Info Detil Spesifik


Citation

Yesi Hairatun Nisak. (2018).PENYIANGAN GULMA SECARA KIMIAWI ( Chemical Weeding ) DI KEBUN KALISAT JAMPIT PT. PERKEBUNAN NUSANTARA XII BONDOWOSO(Publish).JURUSAN PRODUKSI PERTANIAN:PROGRAM STUDI PRODUKSI TANAMAN PERKEBUNAN

Yesi Hairatun Nisak.PENYIANGAN GULMA SECARA KIMIAWI ( Chemical Weeding ) DI KEBUN KALISAT JAMPIT PT. PERKEBUNAN NUSANTARA XII BONDOWOSO(Publish).JURUSAN PRODUKSI PERTANIAN:PROGRAM STUDI PRODUKSI TANAMAN PERKEBUNAN,2018.Text

Yesi Hairatun Nisak.PENYIANGAN GULMA SECARA KIMIAWI ( Chemical Weeding ) DI KEBUN KALISAT JAMPIT PT. PERKEBUNAN NUSANTARA XII BONDOWOSO(Publish).JURUSAN PRODUKSI PERTANIAN:PROGRAM STUDI PRODUKSI TANAMAN PERKEBUNAN,2018.Text

Yesi Hairatun Nisak.PENYIANGAN GULMA SECARA KIMIAWI ( Chemical Weeding ) DI KEBUN KALISAT JAMPIT PT. PERKEBUNAN NUSANTARA XII BONDOWOSO(Publish).JURUSAN PRODUKSI PERTANIAN:PROGRAM STUDI PRODUKSI TANAMAN PERKEBUNAN,2018.Text

 



Media Sosial / Kanal

Facebook E-Library POLIJE Official
Youtube E-Library POLIJE Official
Instagram E-Library POLIJE Official

Address

UPT.Perpustakaan Politeknik Negeri Jember
JL. Mastrip PO BOX 164
E: perpustakaan@polije.ac.id