MANAJEMEN PENGEMASAN PRODUK KOPI BUBUK PADA PT ROLAS NUSANTARA MANDIRI DI UNIT KOPI BUBUK KABUPATEN JEMBER


RINGKASAN
MANAJEMEN PENGEMASAN PRODUK KOPI BUBUK PADA PT ROLAS NUSANTARA MANDIRI DI UNIT KOPI BUBUK KABUPATEN JEMBER Lisa Wardani, Nim D41140823, Tahun 2018, 51 halaman., Jurusan Manajemen Agribisnis, Program Studi Manajemen Agroindustri, Politeknik Negeri Jember, Naning Retnowati, S.TP, MP. (Pembimbing).
Praktek Kerja Lapang (PKL) merupakan suatu kegiatan akademik yang diadakan oleh Politeknik Negeri Jember yang memiliki tujuan untuk mendapatkan pengalaman dan keterampilan khusus di dunia industri sesuai dengan bidang keahliannya. Praktek Kerja Lapang (PKL) merupakan kegiatan yang wajib dilakukan bagi setiap mahasiswa Politeknik Negeri Jember sebagai salah satu syarat untuk menyelesaikan pendidikan program D4 yang dilaksanakan pada semester delapan. Selain itu kegiatan PKL dapat memberikan pengalaman baru sehingga diharapkan mampu menghadapi lingkungan kerja yang lebih menuntut setelah lulus dari perguruan tinggi dan siap terjun ke dunia kerja yang sesungguhnya.
PT. Rolas Nusantara Mandiri merupakan anak perusahaan PTPN XII yang bergerak dalam bidang agroindustri yang mengolah produk-produk dari hasil perkebunan yang berkualitas. PT. Rolas Nusantara Mandiri Unit Kopi Bubuk Jember merupakan bagian yang bergerak dalam pengolahan produk kopi bubuk sebagai produk utama. Guna mempertahankan mutu produk yang dihasilkan sesuai dengan ketentuan maka perlu dilakukan kontrol selama proses produksi, agar produk yang dihasilkan sesuai dengan yang ditentukan.
Salah satu tahap yang perlu diperhatikan yaitu proses pengamasan, karena pengemasan merupakan tahap akhir sebelum produk didistribusikan dan dijual kepada konsumen. Kemasan berperan untuk menjaga kualitas produk didalamnya dan juga menjadi daya tarik untuk para pembeli, jika kemasan dalam kondisi kurang baik maka akan mempengaruhi kualitas kopi bubuk didalamnya dan daya beli konsumen. Berdasarkan latar belakang tersebut tujuan dari Praktek Kerja Lapang (PKL) adalah meningkatkan pengetahuan dan keterampilan serta pengalaman kerja bagi mahasiswa mengenai kegiatan perusahaan yang bergerak
v
dibidang pengolahan kopi bubuk. Selain itu, tujuan PKL adalah melatih mahasiswa agar lebih kritis terhadap perbedaan atau kesenjangan (gap) yang dijumpai di lapangan dengan yang diperoleh di bangku kuliah. Dengan demikian mahasiswa diharapkan mampu untuk mengembangkan keterampilan tertentu yang tidak diperoleh dikampus.
Hasil dari kegiatan Praktek Kerja Lapang (PKL) yang dilakukan selama berada di PT. Rolas Nusantara Mandiri Unit Kopi Bubuk Jember terdapat dua macam cara pengemasan yaitu dengan menggunakan mesin dan pengemasan secara manual dan dapat ditarik kesimpulan bahwa manajemen pengemasan kopi bubuk telah diterapkan dengan baik, namun masih memiliki beberapa kendala yang perlu diperbaiki selama proses pengemasan, terutama pada proses pengemasan dengan mesin yang sering terjadi kesalahan yang disebabkan oleh mesin yang bermasalah selama proses pengemasan.


LOADING LIST...

LOADING LIST...

Detail Information

Bagian Informasi
Pernyataan Tanggungjawab Lisa Wardani
Pengarang Lisa Wardani - Personal Name (Pengarang)
Edisi Publish
No. Panggil
Subyek MANAJEMEN AGROINDUSTRI
Klasifikasi
Judul Seri
GMD Text
Bahasa English
Penerbit
Tahun Terbit 2018
Tempat Terbit
Deskripsi Fisik 20 Cm
Info Detil Spesifik


Citation

Lisa Wardani. (2018).MANAJEMEN PENGEMASAN PRODUK KOPI BUBUK PADA PT ROLAS NUSANTARA MANDIRI DI UNIT KOPI BUBUK KABUPATEN JEMBER(Publish).:

Lisa Wardani.MANAJEMEN PENGEMASAN PRODUK KOPI BUBUK PADA PT ROLAS NUSANTARA MANDIRI DI UNIT KOPI BUBUK KABUPATEN JEMBER(Publish).:,2018.Text

Lisa Wardani.MANAJEMEN PENGEMASAN PRODUK KOPI BUBUK PADA PT ROLAS NUSANTARA MANDIRI DI UNIT KOPI BUBUK KABUPATEN JEMBER(Publish).:,2018.Text

Lisa Wardani.MANAJEMEN PENGEMASAN PRODUK KOPI BUBUK PADA PT ROLAS NUSANTARA MANDIRI DI UNIT KOPI BUBUK KABUPATEN JEMBER(Publish).:,2018.Text

 



Media Sosial / Kanal

Facebook E-Library POLIJE Official
Youtube E-Library POLIJE Official
Instagram E-Library POLIJE Official

Address

UPT.Perpustakaan Politeknik Negeri Jember
JL. Mastrip PO BOX 164
E: perpustakaan@polije.ac.id