PEMBIBITAN TANAMAN TEBU (Saccharum officinarum L.) SECARA KULTUR JARINGAN DI PT. PERKEBUNAN NUSANTARA XI PABRIK GULA ASSEMBAGOES SITUBONDO JAWA TIMUR


RINGKASAN
Pembibitan Tanaman Tebu (Saccharum officinarum L.) Secara Kultur Jaringan di PT. Perkebunan Nusantara XI Pabrik Gula Assembagoes Situbondo Jawa Timur. Supriani Laili Arafah, A32150804, Tahun 2018, Produksi Pertanian, Politeknik Negeri Jember, di bawah Bimbingan Ir. Dian Hartatie, MP.

Pabrik Gula Assembagoes merupakan lambang keberhasilan dalam pengelolaan kebun dan Pabrik Gula secara terintegrasi. Dukungan lahan hak guna usaha baik di Asembagus maupun Banyuwangi sangat menopang keberadaan Pabrik Gula tidak saja dalam pasokan tebu secara berkelanjutan, namun juga terselenggaranya kebun bibit dan peragaan yang sangat efektif dalam mewujudkan media pembelajaran bagi para petani, sehingga sangat cocok untuk lokasi PKL (Praktek Kerja Lapang). Tujuan dari PKL ini adalah mahasiswa dapat mengetahui, memahami, dan melakukan teknik pembibitan tanaman tebu di Pabrik Gula Assembagoes Situbondo.
Tebu (Sacharum officinarum L.) merupakan tanaman yang ditanam untuk bahan baku pembuatan gula. Tanaman ini termasuk jenis rumput-rumputan. Tebu termasuk dalam tanaman semusim atau Annual Crops dimana umur tanaman sejak ditanam sampai bisa dipanen mencapai kurang lebih satu tahun. Tebu diolah di Pabrik Gula (PG) untuk selanjutnya diolah untuk menghasilkan Gula Kristal Putih (GKP) dan tetes sebagai produk utama.
Salah satu faktor produksi yang cukup penting adalah bibit varietas unggul karena bibit unggul merupakan faktor yang menentukan keberhasilan usaha perkebunan tebu. Pengadaan bibit dalam skala besar, waktu cepat, jenis yang seragam, dan bebas dari Organisme Pengganggu Tanaman (OPT) sangat sulit dipenuhi melalui teknologi perbanyakan tebu secara konvensional. Pilihan teknologi berupa budidaya in vitro untuk pengadaan bibit tebu yang unggul adalah alternative untuk mengatasi keterbatasan tersebut karena faktor pengadaannya yang tinggi sehingga varietas unggul cepat diperbanyak, bibit lebih terjamin kesehatannya, membutuhkan ruang yang relative kecil, bahan tanam dan pohon induk sedikit, dan eksplan dapat diproduksi secara cepat dan banyak.
Dalam budidaya tanaman tebu diperlukan bibit-bibit yang unggul agar dapat menghasilkan hasil yang maksimum sesuai dengan yang kita harapkan. Dalam pembibitan hal yang harus diperhatikan yaitu syarat sertifikasi benih. Di Pabrik Gula Assembagoes Situbondo dilakukan 3 macam pembibitan yaitu pembibitan bagal, pembibitan secara kultur jaringan, dan pembibitan secara SBP (Single Bud Planting). Kultur jaringan adalah pengadaan pembibitan dengan menggunakan jaringan pucuk tanaman sebagai bahan perkembangbiakan. Adapun pelaksaannya mempunyai keuntungan yaitu, kemurnian bibit 100%, bebas dari serangan hama dan penyakit. penangkaran tinggi, dan tidak memerlukan lahan yang luas dan mempunyai kerugian yaitu biaya yang dibutuhkan lebih mahal dan tingkat pemeliharaan lebih sulit. Tahapan yang dilakukan dalam perbanyakan tanaman dengan teknik kultur jaringan adalah sterilisasi, pembuatan media, penanaman.


LOADING LIST...

LOADING LIST...

Detail Information

Bagian Informasi
Pernyataan Tanggungjawab Supriani Laili Arafah
Pengarang Supriani Laili Arafah - Personal Name (Pengarang)
Edisi Publish
No. Panggil
Subyek PRODUKSI TANAMAN PERKEBUNAN
Klasifikasi
Judul Seri
GMD Text
Bahasa English
Penerbit
Tahun Terbit 2018
Tempat Terbit JURUSAN PRODUKSI PERTANIAN
Deskripsi Fisik 20 cm
Info Detil Spesifik


Citation

Supriani Laili Arafah. (2018).PEMBIBITAN TANAMAN TEBU (Saccharum officinarum L.) SECARA KULTUR JARINGAN DI PT. PERKEBUNAN NUSANTARA XI PABRIK GULA ASSEMBAGOES SITUBONDO JAWA TIMUR(Publish).JURUSAN PRODUKSI PERTANIAN:

Supriani Laili Arafah.PEMBIBITAN TANAMAN TEBU (Saccharum officinarum L.) SECARA KULTUR JARINGAN DI PT. PERKEBUNAN NUSANTARA XI PABRIK GULA ASSEMBAGOES SITUBONDO JAWA TIMUR(Publish).JURUSAN PRODUKSI PERTANIAN:,2018.Text

Supriani Laili Arafah.PEMBIBITAN TANAMAN TEBU (Saccharum officinarum L.) SECARA KULTUR JARINGAN DI PT. PERKEBUNAN NUSANTARA XI PABRIK GULA ASSEMBAGOES SITUBONDO JAWA TIMUR(Publish).JURUSAN PRODUKSI PERTANIAN:,2018.Text

Supriani Laili Arafah.PEMBIBITAN TANAMAN TEBU (Saccharum officinarum L.) SECARA KULTUR JARINGAN DI PT. PERKEBUNAN NUSANTARA XI PABRIK GULA ASSEMBAGOES SITUBONDO JAWA TIMUR(Publish).JURUSAN PRODUKSI PERTANIAN:,2018.Text

 



Media Sosial / Kanal

Facebook E-Library POLIJE Official
Youtube E-Library POLIJE Official
Instagram E-Library POLIJE Official

Address

UPT.Perpustakaan Politeknik Negeri Jember
JL. Mastrip PO BOX 164
E: perpustakaan@polije.ac.id