ANALISIS PERHITUNGAN KAPASITAS KONDENSOR PADA PLTU PT. PETROKIMIA GRESIK UNIT UTILITAS BATUBARA (UBB)


RINGKASAN


Analisis Perhitungan Kapasitas Kondensor Pada PLTU PT. Petrokimia Gresik Unit Utilitas Batubara (UBB), Frisqi Apreyssa Medina, NIM B42140959, Tahun 2018, 82 hlm, Teknik, Politeknik Negeri Jember, Siti Diah Ayu Febriani, S.Si., M.Si (Dosen Pembimbing Internal) dan Arief Djunaedy (Pembimbing Lapang/Eksternal).

Politeknik Negeri Jember melalui program studi D-IV Teknik Energi Terbarukan mendidik mahasiswa menjadi tenaga ahli di bidang bioenergi atau analisis studi kasus maupun analisis kebutuhan energi disuatu perusahaan atau instansi. Untuk itu, kegiatan PKL yang dilaksanakan oleh mahasiswa program studi D-IV Teknik Energi Terbarukan lebih banyak di khususkan pada sektor industri di bidang energi seperti pembangkit listrik dan pabrik bioenergi. PT Petrokimia adalah salah satu perusahaan yang bergerak pada produksi pupuk namun selain produksi pupuk juga mempunyai Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU) yang berada di pabrik III B. Pembangkit yang dimiliki oleh PT. Petrokimia Gresik yaitu PLTU di Unit Utilitas Batubara (UBB) yang memiliki daya terbangkitkan yaitu 32 MW. Untuk itu pelaksanaan kegiatan PKL ini studi kasus yang akan diangkat yaitu tentang Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU) khususnya yang ada di PT. Petrokimia Gresik.
PLTU Unit Utilitas Batubara ini dibuat sebagai upaya penghematan biaya energi keseluruhan hingga sebesar US $11 juta per tahun yang akhirnya akan menurunkan biaya produksi pupuk dan menghemat subsidi pemerintah bidang pembangkit listrik. PLTU adalah pembangkit yang menggunakan uap sebagai fluida kerja yang menggerakkan atau memutar turbin uap yang dikopel dengan generator sehingga menghasilkan listrik.
Kondensor adalah salah satu jenis mesin penukar kalor (heat exchanger) yang berfungsi untuk mengkondensasikan fluida kerja dengan proses perpindahan panas terjadi dari suatu fluida kerja yang temperaturnya tinggi ke fluida kerja yang temperaturnya rendah. Terjadi perubahan fasa dari fluida kerja bertemperatur tinggi pada kondisi tekanan dan temperatur konstan (uap ke cair). Kondensor merupakan suatu komponen perpindahan panas yang berperan penting untuk meningkatkan efisiensi pembangkit dalam sistem pembangkit tenaga uap.
Pada PLTU PT. Petrokimia Gresik Unit UBB kondensor yang digunakan yaitu tipe counter flow. Penukar kalor tipe aliran berlawanan atau sering disebut counter flow yaitu penukar kalor dengan fluida panas dan dingin memasuki penukar kalor melalui ujung yang berhadapan dan mengalir dengan arah berlawanan. Pada tipe ini masih mungkin terjadi bahwa temperatur fluida yang menerima kalor saat keluar penukar kalor lebih tinggi dibanding temperatur fluida yang memberikan kalor saat meninggalkan penukar kalor.
Kinerja kondensor yang terdapat pada unit UBB memiliki perbedaan yang cukup signifikan antara data aktual dan data perhitungan. Selisih aliran massa kondensor data aktual dengan data perhitungan tertinggi didapatkan pada hari minggu tanggal 25 Maret 2018 pada pukul 12.00 sebesar 11,49 T/j. Pada data aktual didapatkan aliran massa kondensor sebesar 50 T/j sedangkan data hasil perhitungan didapatkan aliran massa kondensor sebesar 61,49 T/j.


LOADING LIST...

LOADING LIST...

Detail Information

Bagian Informasi
Pernyataan Tanggungjawab Frisqi Apreyssa Medina
Pengarang Frisqi Apreyssa Medina - Personal Name (Pengarang)
Edisi Publish
No. Panggil
Subyek TEKNIK ENERGI TERBARUKAN
Klasifikasi
Judul Seri
GMD
Bahasa English
Penerbit PROGRAM STUDI TEKNIK ENERGI TERBARUKAN
Tahun Terbit 2018
Tempat Terbit JURUSAN TEKNIK
Deskripsi Fisik 20cm
Info Detil Spesifik


Citation

Frisqi Apreyssa Medina. (2018).ANALISIS PERHITUNGAN KAPASITAS KONDENSOR PADA PLTU PT. PETROKIMIA GRESIK UNIT UTILITAS BATUBARA (UBB)(Publish).JURUSAN TEKNIK:PROGRAM STUDI TEKNIK ENERGI TERBARUKAN

Frisqi Apreyssa Medina.ANALISIS PERHITUNGAN KAPASITAS KONDENSOR PADA PLTU PT. PETROKIMIA GRESIK UNIT UTILITAS BATUBARA (UBB)(Publish).JURUSAN TEKNIK:PROGRAM STUDI TEKNIK ENERGI TERBARUKAN,2018.

Frisqi Apreyssa Medina.ANALISIS PERHITUNGAN KAPASITAS KONDENSOR PADA PLTU PT. PETROKIMIA GRESIK UNIT UTILITAS BATUBARA (UBB)(Publish).JURUSAN TEKNIK:PROGRAM STUDI TEKNIK ENERGI TERBARUKAN,2018.

Frisqi Apreyssa Medina.ANALISIS PERHITUNGAN KAPASITAS KONDENSOR PADA PLTU PT. PETROKIMIA GRESIK UNIT UTILITAS BATUBARA (UBB)(Publish).JURUSAN TEKNIK:PROGRAM STUDI TEKNIK ENERGI TERBARUKAN,2018.

 



Media Sosial / Kanal

Facebook E-Library POLIJE Official
Youtube E-Library POLIJE Official
Instagram E-Library POLIJE Official

Address

UPT.Perpustakaan Politeknik Negeri Jember
JL. Mastrip PO BOX 164
E: perpustakaan@polije.ac.id