STRATEGI KEWIRAUSAHAAN DIGITAL SEBUAH PANDUAN UNTUK UMKM,STARTUP, DAN E-COMMERCE


memilih informasi, lantas menjadi hal yang mendesak.
Untuk itulah Literasi Digital menjadi kian signifikan relevansinya, tidak hanya sebagai komplementer, tetapi sebagai program prioritas bersama dalam kerangka melakukan upaya edukasi dan advokasi pengguna internet. Literasi Digital menurut UNESCO adalah, “kemampuan menggunakan teknologi informasi dan komunikasi (TIK) untuk menemukan, mengevaluasi, memanfaatkan, membuat dan mengkomunikasikan konten atau informasi, dengan kecakapan kognitif, etika, sosial emosional dan aspek teknis atau teknologi.”
Di sisi lain, International Telecommunication Union (ITU) menekankan perlu adanya perhatian khusus terhadap generasi muda yang telah akrab dengan dunia digital, atau dikenal sebagai digital native, yaitu mereka yang lahir setelah tahun 1980. ITU pun merekomendasikan bahwa memahami cara generasi digital native belajar, bermain, dan bahkan melibatkan diri mereka ke tengah masyarakat akan dapat membantu dalam menyusun dan merencanakan masa depan mereka. Di Indonesia sendiri, lebih kurang 50% total pengguna internet Indonesia adalah digital native.
3
Dengan demikian, dalam koridor tata kelola internet (Internet Governance), sudah dirasa perlu ada upaya bersama para pemangku kepentingan majemuk (multistakeholder) dalam memberikan panduan, arahan, ataupun petunjuk agar pengguna internet dapat mengoptimalkan dampak positif internet sekaligus meminimalisasi dampak negatifnya.
Setelah sebelumnya multistakeholder Indonesia menginisiasi adanya Gerakan Nasional Literasi Digital SIBERKREASI, maka kini Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) pun menyambut gembira keberadaan sejumlah buku “Seri Literasi Digital” ini. Kami yakin kerja sama ini merupakan tahapan penting dan contoh kerja bersama bagi masyarakat informasi di dunia tentang ikhtiar dan upaya membangun internet yang lebih bermanfaat dan berbudaya.
Untuk itu, apresiasi dan terima kasih saya sampaikan untuk segala pihak yang telah membuat buku seri literasi digital ini hadir di hadapan para pembaca.
Wassalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh.
Jakarta, 31 Januari 2018
Menteri Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia
Rudiantara


LOADING LIST...

LOADING LIST...

Detail Information

Bagian Informasi
Pernyataan Tanggungjawab RUDIANTARA
Pengarang RUDIANTARA - Personal Name (Pengarang)
Edisi Publish
No. Panggil
Subyek
Klasifikasi
Judul Seri
GMD Text
Bahasa English
Penerbit
Tahun Terbit 2018
Tempat Terbit
Deskripsi Fisik
Info Detil Spesifik

  Tags :

Citation

RUDIANTARA. (2018).STRATEGI KEWIRAUSAHAAN DIGITAL SEBUAH PANDUAN UNTUK UMKM,STARTUP, DAN E-COMMERCE(Publish).:

RUDIANTARA.STRATEGI KEWIRAUSAHAAN DIGITAL SEBUAH PANDUAN UNTUK UMKM,STARTUP, DAN E-COMMERCE(Publish).:,2018.Text

RUDIANTARA.STRATEGI KEWIRAUSAHAAN DIGITAL SEBUAH PANDUAN UNTUK UMKM,STARTUP, DAN E-COMMERCE(Publish).:,2018.Text

RUDIANTARA.STRATEGI KEWIRAUSAHAAN DIGITAL SEBUAH PANDUAN UNTUK UMKM,STARTUP, DAN E-COMMERCE(Publish).:,2018.Text

 



Media Sosial / Kanal

Facebook E-Library POLIJE Official
Youtube E-Library POLIJE Official
Instagram E-Library POLIJE Official

Address

UPT.Perpustakaan Politeknik Negeri Jember
JL. Mastrip PO BOX 164
E: perpustakaan@polije.ac.id